Saturday, February 7, 2009

Metallica


Metallica adalah band Metal yang paling berpengaruh pada era tahun 80-an. Band ini juga mendapat julukan sebagai rajanya musik metal. Rilis pada tahun 1983, album Kill 'Em All menjadi awal mula legitimasi mereka didunia metal Underground. Album ini membawa nuansa baru klan Trash Metal. Tiap-tiap lagu yang mereka hasilkan memiliki komposisi yang mantap antara hantaman Rhythm gitar oleh James Hetfield yang sesuai dengan karakter vokalnya yang cadas, dipadu dengan sayatan gitar ala Kirk Hammet, yang disempurnakan dengan gebukan drum Lars Ulrich serta cabikan bass Cliff Burton.



Setelah mereka merilis album masterpiece 'Master of Puppets' pada tahun 1986, sebuah tragedi memilukan mengguncang band ini, saat mereka mengalami kecelakaan ketika dalam perjalanan turnya di Swedia. Kecelakaan ini mengakibatkan tewasnya sang bassist Cliff Burton. Mereka pun tak mau terus larut dalam duka, hingga mereka memutuskan merekrut Jason Newsted sebagai pengganti Burton, selanjutnya mereka merilis album '...And Justice For All' yang mampu menembus chart Top Ten. Metallica mulai merambah dunia musik Mainstream ketika mereka merilis album 'Metallica' pada tahun 1991. Album ini mempopulerkan lagu-lagu seperti 'Wherever I May Roam' dan 'Enter Sandman'. Penjualan album ini mencapai lebih dari 7 juta copy di Amerika saja. Mereka pun mulai menjalani tur panjang yang menghabiskan waktu hingga hampir dua tahun.



Pada era 90-an, mereka mulai menunjukkan kekuasaannya dan menjadi pemimpin genre Metal, tak hanya dihormati dan disegani oleh para headbanger, tetapi juga oleh dunia musik mainstream. Sebuah prestasi yang belum mampu ditandingi oleh bend heavy metal manapun. Namun pada tahun 1996, saat rilis album 'Load', mereka mulai kehilangan simpati dari para penggemar metalnya, pasalnya dalam album ini mereka cenderung mengarah ke alternatif rock dengan rambut pendeknya. Walaupun album mereka menjadi hit pada musim panas tahun itu, dan masuk ke chart nomor satu serta albumnya terjual hingga 3 juta copy dalam dua bulan, banyak anggota fansnya yang memprotes keras terhadap image baru yang mereka bawa. Album 'Re-Load' yang dirilis tahun 1997 kembali kurang mendapat respon positif dari para penggemar metal, meskipun penjualan album ini terbilang cepat dan menghasilkan beberapa lagu yang meraih sukses seperti 'Fuel' dan 'The Memory Remain'. Pada tahun 1999 mereka memproduksi album 'S&M' yang mendokumentasikan live konser mereka bersama San Fransisco Symphony.


Metallica sempat mengalami konflik dengan situs Napster karena Napster dianggap telah melakukan pembajakan terhadap karya mereka dengan menyediakan download gratis lagu-lagu baru mereka. Pada bulan Januari tahun 2001, James Newsted keluar dari band untuk mengurus proyek pribadinya. Selanjutnya Metallica Kembali merekam materi untuk album mereka berikutnya, untuk mengisi kekosongan posisi bass pada proses rekaman mereka, maka untuk sementara Produser mereka Bob Rock yang melengkapinya. Pada bulan Juli 2001 secara mengejutkan Metallica mencabut tuntutannya terhadap Napster. Pada musim panas yang sama, Proses rekaman album mereka terhambat ketika Hetfield harus masuk program rehabilitasi untuk mengatasi kecanduannya terhadap alkohol. Pada tahun 2002, ia pun telah keluar dari program tersebut dan kembali bergabung bersama dua rekannya yang lain untuk merekam album St.Anger yang kemudian dirilis tahun 2003.



Proses rekaman album St.Anger juga diikuti dengan audisi untuk mencari pengganti Newsted pada posisi bass, setelah menjalani proses audisi yang cukup panjang, akhirnya mereka merekrut mantan personel band Ozzy Osbourne Suicidal Tendencies Robert Trujillo. Mereka juga merilis 'Some Kind of Monster' pada tahun 2004. Berikutnya dengan produser barunya Rick Rubin, mereka kembali dengan album 'Death Magnetic' yang membawa nuansa musik mereka kembali ke masa awal 80-an, dimana Kirk Hammet kembali menemukan kebebasan mengeksplorasi kemampuan bergitarnya yang pada album St.Anger dilarang.

1 comments:

Dunia May 2, 2010 at 11:22 AM  

keren Gan...saya suka banget ama Mettalica..tapi sayang casset ilang semua..dulu belum ada CD..yang Black Album tu loh keren bgt...

Post a Comment

History of the blog

Bermula dari kecintaan terhadap musik terutama rock, mulai dari Classic Rock, Slow Rock, Hard Rock, Speed Metal, Trash Metal, Death Metal, hingga Black Metal dan rasa kekecewaan terhadap kenyataan di dunia musik industri dimana rock dan kroni-kroninya mulai dipinggirkan dan dikesampingkan serta diremehkan dan dinomor seratus-kan, hingga membuat saya mulai merasa jengkel dan muncul keinginan untuk mengembalikan kejayaan Rock yang dulu pernah ada, namun karena kemampuan bermusik yang terbatas, sehingga untuk maju berperang melalui musik pun mungkin harus diurungkan, akan tetapi saya tidak mau tinggal diam, dengan blog ini setidaknya saya telah berbuat sedikit untuk Rock, dengan mengenal sejarah Rock, dan memahami jiwa kebebasan serta perjuangan mereka, semoga blog yang cuma sekedarnya ini mampu menumbuhkan kembali semangat rock yang pernah terkubur dalam...Rock will never Die!!!!!

  ©Template by Dicas Blogger. | Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah