Monday, February 2, 2009

Megadeth



Setelah keluar dari Metallica pada tahun 1983, gitaris/vokalis Dave Mustain membentuk kuartet Trash Metal bernama Megadeth. Mereka dianggap masih membawa pengaruh dari band terdahulu Mustain yaitu Metallica. Untuk mengurangi pengaruh tersebut, dari segi musikal mereka mengurangi pengaruh Progressive rock, lebih menekankan pada skil instrumental, menaikkan tempo menjadi sedikit lebih cepat, dan dengan segi instrumental yang lebih gahar. Megadeth menjadi salah satu band teatas dari genre Metal sekitar pertengahan hingga akhir 80-an. Setiap album yang mereka rilis selalu meraih sukses dan penghargaan dari industri musik.



Dalam sejarah perjalanannya, Megadeth telah mengalami beberapa kali pergantian personel, dua orang pendiri band ini adalah Dave Ellefson (Bass) dan Dave Mustain (Gitar/Vokal). Mustain lahir dan tumbuh di pinggiran California selatan, ia tinggal bersama ibunya, namun ibunya sering meninggalkannya tinggal bersama paman dan bibinya yang tidak pernah mendukung minatnya dalam bermusik bahkan mereka meremehkan selera musik heavy metal-nya. pada tahun 1981, Mustain membentuk Metallica bersama James Hetfield dan lars Ulrich. Mustain menghabiskan waktu selama dua tahun bersama Metallica sebelum ia dikeluarkan dari Metallica tahun 1983. Setelah pemecatannya dari Metallica, ia membentuk Megadeth bersama Ellefson, Kerry King (gitaris slayer), dan Lee Rauch (Drum). Namun formasi ini tak bertahan lama, Mustain dan Ellefson merekrut Chris Poland (Gitar) menggantikan Kerry King, dan Gar Samuelson (Drum).



Beberapa tahun berikutnya, mereka mulai mendapatkan kontrak rekaman pertamanya dengan sebuah perusahaan rekaman indie 'Combat' pada akhir 1984. Debut album pertama mereka 'Killing is My Businness...And Business is Good!' mendapat respon yang kuat baik dari publik Metal maupun dari majalah musik mainstream. Penjualan album ini sangat tinggi untuk sebuah band indie, dan mampu mencuri perhatian pihak major label. Diakhir tahun 1985, Megadeth menandatangani kontrak major label pertamanya bersama 'Capitol', dan album 'Peace Sells...But Who's Buying' adalah album major label pertama mereka yang dirilis pada musim gugur tahun 1986. Labum ini mendapat sambutan yang luar biasa dari publik, mereka pun berhasil meraih Platinum untuk album ini.


Pada saat maa depan band terlihat mulai cerah, Mustain mulai terjebak dalam jerat heroin. Kecanduannya terhadap heroin pun mulai mempengaruhinya dalam bermusik. Banyak cerita mengenai perilaku Mustain yang tidak menentu, hingga saat ia memecat Poland dan Samuelson sebelum mereka merekam album ketiga-nya. Posisi mereka akhirnya digantikan oleh Jeff Young dan Chuck Behler. Dengan formasi baru ini mereka merilis 'So Far, So Good...So What!' di awal 1988. Album ini naik ke peringkat 28 chart dan memperoleh Platinum.



Semakin lama Mustain menjadi semakin lemah karena pengaruh heroin. Pada awal 1990, ia ditahan saat berkendara dibawah pengaruh Heroin, ia pun dimasukkan ke dalam program rehabilitasi. pada akhir tahun 1990, setelah ia keluar dari program rehabilitasi, ia kembali mengumpulkan anggota-anggota bandnya. Ia pun memecat Young dan Behler, dan menggantikannya dengan Marty Friedman (Gitar) dan Nick Menza (Drum). Mereka pun meriliis album yang lebih progressive 'Rust in Peace'. Album ini menduduki chart 23 di Amerika dan kembali memperoleh Platinum. Album berikutnya 'Countdown to Extinction' dirilis tahun 1992, dan berhasil masuk ke chart nomor 2 serta memperoleh Double Platinum, album ini merupakan album terbaik dalam sejarah perjalanan mereka.



Perjalanan mereka di industri major label makin jauh dengan dirilisnya 'Youthanasia' tahun 1994 yang menduduki peringkat 4 chart dan kembali menghasilkan Platinum. Berikutnya mereka merilis Hidden Treasure, yang berisi beberapa lagu soundtrack dan memperluas pangsa pasar mereka diawal 90-an. Tahun 1997 mereka merilis 'Cryptic Writings'. Pada tahun 2000, setelah rilis the best of Capitol Punishment, Marty Friedman dan Nick Menza keluar dari band dan digantikan oleh ex-Savatage dan Al Pitrelli (ex-Alice Cooper). Setelah menandatangani kontrak barunya dengan BMG, mereka merilis album terbarunya 'The World Needs a Hero' tahun 2001.


Selama istirahatnya setelah tur, Mustaine mengalami luka serius pada Januari 2002 saat tinggal di Texas. Ia didiagnosa mengalami kerusakan syaraf yang menyebabkan ia harus berhenti bermain gitar. Megadeth pun resmi bubar pada April 2002, setelah 20 tahun berkiprah di industri musik. Namun pada tahun 2004-2005 mereka kembali dengan merilis album 'The System Has Failed' dan diikuti sejumlah tur. Pada tahun 2007 mereka merilis album 'United Abominations'.

0 comments:

Post a Comment

History of the blog

Bermula dari kecintaan terhadap musik terutama rock, mulai dari Classic Rock, Slow Rock, Hard Rock, Speed Metal, Trash Metal, Death Metal, hingga Black Metal dan rasa kekecewaan terhadap kenyataan di dunia musik industri dimana rock dan kroni-kroninya mulai dipinggirkan dan dikesampingkan serta diremehkan dan dinomor seratus-kan, hingga membuat saya mulai merasa jengkel dan muncul keinginan untuk mengembalikan kejayaan Rock yang dulu pernah ada, namun karena kemampuan bermusik yang terbatas, sehingga untuk maju berperang melalui musik pun mungkin harus diurungkan, akan tetapi saya tidak mau tinggal diam, dengan blog ini setidaknya saya telah berbuat sedikit untuk Rock, dengan mengenal sejarah Rock, dan memahami jiwa kebebasan serta perjuangan mereka, semoga blog yang cuma sekedarnya ini mampu menumbuhkan kembali semangat rock yang pernah terkubur dalam...Rock will never Die!!!!!

  ©Template by Dicas Blogger. | Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah